Our Activities! :D

“Give the Gift of Your Life”

Donor Darah Sukarela SMAN 2 Kota Tangsel 

 
Dengan kerja keras panitia donor darah dari ekstrakulikuler KKR (Kader Kesehatan Remaja) serta kerjasama dengan berbagai pihak terutama dengan pihak Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Cabang Kabupaten Tangerang, akhirnya kegiatan ini berhasil  terlaksana dengan sukses. Pelaksanaan kegiatan donor darah sukarela ini adalah sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat sekitar dan juga merupakan realisasi dari program kegiatan ekstrakulikuler KKR (Kader Kesehatan Remaja), dimana kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat pada umumnya dan secara khusus dikalangan warga SMA Negeri 2 Kota Tangerang Selatan untuk ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya.

Kegiatan yang terlaksana pada Kamis, 27 Februari 2014 pada pukul 09.00 – 13.00 WIB ini berlokasi di UKS SMAN 2 Kota Tangsel dan disambut antusias oleh para peserta yang berasal dari warga SMAN 2 Kota Tangsel dan juga  masyarakat sekitarnya.


Setelah mengisi formulir tentang kondisi kesehatan, calon pendonor melaksanakan cek kesehatan yang salah satunya adalah cek kandungan Hb (Hemoglobin)  dalam darah. Setelah melewati beberapa cek kesehatan tersebut, dari sekitar 108 calon pendonor yang mendaftar, sebanyak 76 pendonor lolos cek kesehatan dan berhasil menyumbangkan darahnya.

Dengan berpartisipasi dalam kegiatan donor darah, akan tumbuh pula rasa kepedulian dalam diri pendonor terhadap sesama, terutama kepada mereka yang sangat membutuhkan darah. Setetes darah akan sangat berarti bagi mereka yang saat ini sedang terbaring di rumah sakit dan membutuhkan darah, seperti, para penderita penyakit demam berdarah, korban kecelakaan, para pasien yang menjalani operasi, dan lain sebagainya.
Dengan demikian, kami berharap agar kegiatan ini dapat kami laksanakan secara rutin setiap tahunnya. ( Laporan: Ekstrakulikuler KKR)

KKR GOES TO FKUI 


Pada hari Sabtu, 26 Oktober 2013, sejumlah 25 anggota Ekstrakulikuler Kader Kesehatan Remaja (KKR) mengikuti Seminar dan Workshop Emergency Fair and Festival yang diselenggarakan oleh Tim Bantuan Medis Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (TBM FKUI). Seminar yang diikuti oleh 300 peserta ini, bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan dasar masyarakat mengenai pertolongan prarumahsakit yang efektif pada kegawatdaruratan lalu lintas dengan motto “Live safe, save lives” dan berlangsung pukul 08.00 WIB – 16.30 WIB bertempatkan di Aula FKUI, Salemba, Jakarta Pusat.

Pada seminar ini para peserta mendapatkan berbagai informasi yang sangat bermanfaat seputar kegawatdaruratan lalu lintas, yaitu materi Disaster Management / SPGDT oleh Prof. Dr. dr. Aryono Pusponegoro, SpB (Ambulans Gawat Darurat 118), Cedera Kepala oleh dr. Pukovisa Prawiroharjo, Sp.S (Dept. Neurologi RSCM), Cedera Orthopedi, Fraktur dan Bidai oleh dr.Yogi Prabowo,Sp.OT (Dept. Orthopedi & Traumatologi RSCM), dan Basic Life Support / Bantuan Hidup Dasar oleh dr. Riyadh Firdaus, Sp.An (Dept. Anastesi RSCM).

 Setelah peserta di berikan berbagai pengetahuan seputar kegawatdaruratan lalu lintas, ada talkshow "Jakarta Safe Community" oleh wakil Gubernur DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama atau yang biasa dikenal dengan Ahok, Kombespol Chrysnanda Dwi Laksana MS, Dr. dr. Ratna Sitompul SpM dan Prof. Dr. dr. Aryono D. Pusponegoto SpBSetelah seminar dan talkshow, para peserta di ajak untuk menyaksikan simulasi kecelakaan lalu lintas di halaman depan Gedung FKUI yang dilakukan oleh para panitia dan didukung oleh AGD 118 dan juga Polantas. Tidak lupa di simulasikan juga cara penanggulangannya yang baik dan benar.
Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan workshop. Demi keefektifan workshop ini, panitia membagi para peserta menjadi beberapa kelompok dan mempersilahkan para peserta langsung menerapkan beberapa materi yang telah disampaikan selama seminar berlangsung dengan kelompok yang didampingi oleh anggota TBM FKUI yang terlatih, salah satunya adalah menerapkan cara melakukan kompresi dada.


Seminar e-fast ini diakhiri dengan pembagian sertifikat kepada para peserta yang telah mengikuti seminar, talkshow, dan workshop. Serangkaian kegiatan ini sangatlah menarik dan bermanfaat bagi para masyarakat awam, terutama para anggota ekstrakurikuler Kader Kesehatan Remaja (KKR) ini agar dapat menerapkan ilmu yang telah didapat. (Laporan : Ekskul KKR)

0 comments :

Post a Comment

 

Our Twitter

What Time Is It?

Quote of The Day :)


Famous Quotes by QuotesDaddy